Kamis, 03 Januari 2013

Tarian Bon Odori



Ohayou News, Depok- Edo to Tokyo kembali membuat event di dalam Mall yaitu bertempatkan di Cimanggis Square 17-18 November 2012. Acara  di isi dengan Perlombaan Cosplay, lomba dance, perfromance band, bazar, seminar, workshop, pergelaran seni dan kebudayaan Jepang Indonesia dan lain sebagainya. Dalam rangkaian acara tersebut terdapat satu acara dimana menunjukan kebudayaan tarian tradisional Jepang.
Pengertian Bon Odori sendiri adalah tarian tradisional Jepang yang dimana semua penari membentuk lingkaran dan mengikuti gerakan penari yang ada di dalam lingkaran tersebut. Bon Odori biasa di gelar sebagai penutupan acara/festival di Jepang yang dilanjutkan dengan acara Hanabi/Kembang api. Bon Odori tidak mengenal batasan usia, dan jenis kelamin, biasanya dalam setiap Bon Odori mereka (baca:penari) di perbolehkan untuk ikut berjoget ria, yang tak saling kenal satu sama lainnya tetapi ikut turut serta dan bergandengan tangan  dalam tarian tersebut.
    Sejarahnya tarian ini di Jepang hanya dilakukan di depan kuil Shinto, konon tarian ini melambangkan bagaimana roh yang sudah bebas dari hukuman di Neraka. Sekarang, Bon Odori bisa dilakukan dimana saja dan bukan berkaitan dengan ritual keagamaan.
    Untuk festival Jepang di Indonesia sendiri Bon odori memakai setlist lagu tradisional Jepang yang di campur dengan lagu-lagu moderen Jepang seperti lagu-lagu dari Anime di Jepang. Bon Odori biasanya ada di awal acara/akhir acara.
Cc : EDO TO TOKYO, CIMANGIS SQUARE, BON ODORI, J-FEST
(Ina)

0 komentar:

Posting Komentar